7 Tempat Wisata di Sekitar Hutan Pinus Mangunan

Wisata di Sekitar Hutan Pinus Mangunan –  Lokasi Rimba Pinus Mangunan jadi satu diantara obyek wisata favorite baru warga Jogja serta sekitarnya. Argumennya, karna lokasi ini miliki panorama indah serta hawa yang sejuk.

Tempat Rimba Pinus Mangunan juga tidak sangat jauh dari Kota Jogja. Sekitaran satu jam saja berkendara kita telah dapat hingga kesana. Menurut pengalaman yonkersarts.org Aksesnya juga begitu gampang karna tempatnya yang satu arah dengan Imogiri.

Lokasi Hutan Pinus Mangunan adalah dataran tinggi. Dari sebagian spot, kita dapat lihat panorama Kota Jogja dari ketinggian. Bahkan juga sebagian spot juga sangat mungkin kita untuk nikmati panorama Geopark Gunung Sewu yang hijau membentang.

Rimba Pinus Mangunan sendiri adalah lokasi yang begitu luas serta terbagi-bagi atas bagian-bagian. Di lokasi itu juga ada banyak tempat yang telah diperkembang jadi destinasi wisata, terkecuali objek intinya yaitu Rimba Pinus Mangunan tersebut.

Puncak Becici

7 Wisata di Sekitar Hutan Pinus Mangunan

1. Puncak Becici

Di lokasi Rimba Pinus Mangunan terdapat banyak bukit dimana kita dapat lihat panorama hijau yang menentramkan mata. Oleh orang-orang yang tinggal di sekelilingnya, bukit-bukit itu diperkembang jadi satu obyek wisata dengan bangun bebrapa sarana simpel tetapi begitu bermanfaat. Satu diantara bukit itu yaitu Puncak Becici yang bisa kita akses sekitaran 15 menit berkendara dari spot paling utama di Rimba Pinus Mangunan.

Tempat Puncak Becici ada di Dusun Gunung Cilik, Desa Muntuk, Kecamatan Dlingo, Kabupaten Bantul. Tempat ini dapat adalah spot menarik untuk nikmati panorama sunset.

2. Bukit Panguk

Bila kamu pernah ke Kebun Buah Mangunan yang tempatnya juga tidak jauh-jauh sangat dari rimba pinus, jadi kamu tentu telah lihat panorama hijaunya Geopark Gunung Sewu yang seakan dibelah oleh aliran Sungai Oya yang berwarna toska. Nah, panorama yang sama bakal kamu peroleh waktu bertandang ke Bukit Panguk yang tempatnya ada di desa yang sama juga dengan Kebun Buah Mangunan, tepatnya di Dukuh Kediwung.

Bila kamu datang ke tempat ini waktu pagi hagi, besar peluang kamu bakal memperoleh panorama alam yang dramatis dengan kabut menyelimuti beberapa dari Geopark Gunung Sewu.

3. Rimba Pinus Pengger

Rimba Pinus Pengger berjarak sekitaran 4 km dari Rimba Pinus Mangunan. Sejatinya, Rimba Pinus Pengger juga ada di lokasi yang sama denang Rimba Pinus Mangunan. Cuma saja, nama rimba pinus belum sangat familiar.

Sarana yang ada di Pengger tidak jauh lain dengan yang ada di Mangunan. Di rimba pinus ini dapat telah disiapkan sebagian gazebo, ayunan, dan tempat duduk yang terbuat dari pohon pinus yang telah mati. Warung, mushola, toilet juga telah ada. Bahkan juga, bila kita menginginkan mengadakan aktivitas spesial (umpamanya makrab), pengelola juga telah sediakan satu pendopo. Tidak jauh dari pendopo ini ada satu spot menarik dengan panorama yang istimewa. Bila kita ke spot ini saat malam hari, panorama yang bakal kita peroleh bakal sama dengan di Bukit Bintang, bahkan juga lebih indah.

4. Bukit Mojo

Panorama yang bakal kita peroleh di Bukit Mojo kurang lebih sama dengan Bukit Panguk. Tempat ke-2 bukit ini dapat tidak berjauhan, sekitaran 2 km saja. Dari bukit ini kita dapat juga lihat hijaunya Geopark Gunung Sewu dari anjungan-anjungan (atau apa pun kamu menyebutnya) yang di bangun oleh warga setempat. Sungai Oya juga tampak begitu cantik dari bukit ini. Bukit Mojo masih tetap termasuk begitu baru. Tempat ini baru di buka sebagai satu obyek wisata sekitaran Juli 2016 lantas.

5. Tebing Watu Mabur

Watu Mabur bila disimpulkan ke Bhs Indonesia ini berarti batu terbang. Tak tahu mengapa diberi nama sekian. Yang pasti, tempat ini miliki panorama bagus. Panorama yang bakal kita peroleh dari tempat ini tidak jauh lain dengan Bukit Panguk serta Bukit Mojo, yaitu Geopark Gunung Sewu dan aliran Sungai Oya. Sebagian spot yang dapat dipakai untuk bebrapa photo juga telah di bangun oleh warga sekitaran. Ditempat ini dapat ada ruang camping yang dapat menyimpan sebagian tenda.

6. Bukit Watu Lawang

Bukit Watu Lawang juga adalah tempat dimana kita dapat nikmati panorama Geopark Gunung Sewu dan aliran Sungai Oya. Tempat tempat ini ada di samping barat Kebun Buah Mangunan. Bila disimpulkan kedalam Bhs Indonesia “Watu Lawang” artinya “batu pintu”. Walau demikian, kita akan tidak temukan pintu ditempat ini. Yang ada cuma bongkahan batu kapur yang dapat kita menjadikan pijakan untuk berpose atau nikmati panorama. Konon, bukit ini terbentuk akibat sistem pembentukan aliran Sungi Oya.

7. Kebun Buah Mangunan

Diantara beberapa tempat bagus yang ada di Mangunan, Kebun Buah Mangunan mungkin yaitu yang paling populer. Tempat ini memanglah miliki panorama yang luas umum indah. Gardu pandang yang ada di kebun buah ini adalah satu diantara tempat paling baik untuk lihat panorama Geopark Gunung Sewu. Aliran Sungai Oya juga tampak demikian prima dari tempat ini. Bila kamu datang ke tempat ini waktu musim kemarau atau peralihan, panorama aliran Sungai Oya bakal tampak demikian cantik dengan warna toskanya.

Nama Wisata di Sekitar Hutan Pinus Mangunan yaitu Kebun Buah Mangunan, janganlah mengharapkan kamu bakal temukan banyak pohon buah seperti di Mekarsari. Ditempat ini kita cuma bakal temukan pohon rambutan dan belimbing. Mengenai objek paling utama tempat ini yaitu gardu pandang yang tempatnya ada diatas bukit. Seperti yang telah dijelaskan, gardu pandang di kebun buah ini yaitu satu diantara tempat paling baik untuk nikmati panorama Geopark Gunung Sewu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *